I LOVE YOU TWINS !

12:25 pm

anak kembar itu LUCU yakaan yakaaaan?? apalagi yang KEMBAR IDENTIK, wah tambah ngegemesin deh :D


gatau nih, suka banget sama yang namanya ANAK KEMBAR!

dari dulu sampai sekarang gak pernah bisa berhenti ngayal semoga 8 TAHUN kedepan aku punya anak kembar yeyeyeye tapi KEMBAR IDENTIK ye :D bahkan pernah aku menghayal punya saudara kembar huahua pasti menyenangkan! ya tapi walaupun ga punya saudara kembar, aku dan adikku Alda Margaretha Pardede selalu dibilang saudara kembar hahah dan aku selalu dikatakan sebagai adiknya, maklum muka tipe-tipe baby face getoooh~ #noenvyplease
hmm balik ke masalah "anak kembar"
YAA sebenarnya aku suka semua jenis anak-anak. perasaan tenang kali kalau udah dekat anak-anak nih. pengen gak ngelepas sampai kapan pun ! *maniak anak-anak
tapi tau gak sih, sebenarnya proses terbentuknya anak kembar itu seperti apa sih? penasaran kan? lets check it out :

1. Kembar Monozygotik (Identik)
Kembar identik yang disebut juga sebagai kembar Monozygotik, yaitu kembar yang berasal dari satu telur. Mempunyai gen yang sama, jenis kelamin yang sama, dan muka yang serupa.

Proses terjadinya kembar identik yaitu karena pada masa pembuahan sebuah sel telur matang di buahi oleh sebuah sperma yang membantuk zygote, kemudian zygote ini akan membelah.

Jika pembelahan zygote ini terjadi saat awal pembuahan (1-3 hari setelah pembuahan) maka setiap embrio biasanya akan memiliki kantong ketuban yang berbeda, dan satu plasenta.

Tetapi bila pembelahan terjadi setelah 14 hari maka kemungkinan kembar akan terjadi join / menempel bersama pada bagian dari tubuhnya atau pembelahan yang tidak sempurna yang disebut sebagai kembar siam lebih tinggi.

Jadi kembar siam terjadi pada kembar monozygot. Dengan pemeriksaan USG (utrasonografi) dokter akan dapat menilai keadaan dari janin, jenis kelamin, kelainan maupun posisi dll. 

2. Kembar Dizygotik
Kembar fraternal yang disebut juga sebagai kembar dizygotik, yaitu kembar yang berasal dari dua telur. Mereka biasanya tidak terlalu mirip atau seperti kakak adik saja.
Tidak selalu memiliki jenis kelamin yang sama dimana : 1/2 bagian dari kembar fraternal adalah anak laki - anak perempuan; 1/4 bagian adalah anak laki - anak laki dan ; 1/4 bagian lagi anak perempuan - anak perempuan.

Proses terjadinya kembar fraternal yaitu karena pada masa pembuahan terdapat dua buah sel telur matang yang masing- masing di buahi oleh sperma yang berbeda.

Karena berasal dari dua telur dan sperma yang berbeda maka masing- masing mempunyai kantung ketuban dan plasenta sendiri. Jadi kembar fraternal, adalah terjadinya 2 proses pembuahan dalam satu kehamilan.

Kira-kira 2/3 bagian dari bayi kembar adalah kembar fraternal. Biasanya dokter akan dapat menyatakan kembar identik atau fraternal setelah proses kelahiran dengan menilai dari plasentanya.


"Kalo Kembar Siam Itu Kenapa Sih?"

Peristiwa kembar siam baru terjadi bila ada gangguan segmentasi pada fase primitive strike, kira-kira di usia kehamilan 4-5 minggu. “Dinamakan fase primitive strike karena fase ini merupakan proses sangat awal dalam pertumbuhan janin. Saat itu tidak ada seorang pun yang bisa tahu sel mana yang bakal tumbuh menjadi kepala, kaki, atau anggota tubuh lainnya.”
Fase primitive strike ditandai dengan menempelnya hasil konsepsi ke dinding rahim, sementara bibit janin masih berupa tonjolan-tonjolan saja.
Dengan begitu, gangguan segmentasi pada fase ini biasanya akan menimbulkan kecacatan fisik atau dempetnya bagian tubuh tertentu. Ketidaksempurnaan akibat gangguan segmentasi inilah yang menyebabkan proses pemisahan dua jabang bayi tak berlangsung sempurna atau kembar siam itu.
Masa pembelahan sel telur terbagi dalam empat waktu, yaitu 0 – 72 jam, 4 – 8 hari, 9-12 dan 13 hari atau lebih.
Pembelahan pertama, akan terjadi diamniotik yaitu rahim punya dua selaput ketuban, dan dikorionik atau rahim punya dua plasenta. 

Pembelahan kedua, selaput ketuban tetap dua, tapi rahim hanya punya satu plasenta. Pada kondisi ini, bisa saja terjadi salah satu bayi mendapat banyak makanan, sementara bayi satunya tidak. Akibatnya, perkembangan bayi bisa terhambat.
Pembelahan ketiga, selaput ketuban dan plasenta masing-masing hanya sebuah, tapi bayi masih membelah dengan baik.
Pembelahan keempat, rahim hanya punya satu plasenta dan satu selaput ketuban, sehingga kemungkinan terjadinya kembar siam cukup besar. Pasalnya waktu pembelahannya kelamaan, sehingga sel telur keburu berdempet. Jadi kembar siam biasanya terjadi pada monozigot yang pembelahannya lebih dari 13 hari.
Dari keempat pembelahan tersebut, tentu saja yang terbaik adalah pembelahan pertama, karena bayi bisa membelah dengan sempurna. Namun, keempat pembelahan ini tidak bisa diatur waktunya. Faktor yang mempengaruhi waktu pembelahan, dan kenapa bisa membelah tidak sempurna sehingga mengakibatkan dempet, biasanya dikaitkan dengan infeksi, kurang gizi, dan masalah lingkungan.

Nah, udah tau kan?! Yang pengen punya anak kembar mana suaraaanyaaa??? tipe kembar seperti apa yang kamu inginkan?? hmmm aku milih apa yah hmmm

info :
berbagai sumber


You Might Also Like

2 comments

  1. Sesuatu seperti lalat mendengung di kupingku yang dari tadi terlalu sibuk memanggil namaku *\(^0^)/*

    ReplyDelete

"...ada waktu untuk memeluk, ada waktu untuk menahan diri dari memeluk"
--Efesus 3:5b

NEWSLETTER

Subscribe