pertanyaan yang tidak-bisa-saya-jawab

12:41 pm

"mau sampai kapan begini terus Cak? Tiga tahun? Atau empat tahun lagi?"

Sore itu seorang sahabat saya mempertanyakan hal yang sama lagi. Saya bosan mendengarnya. Seingat saya pertanyaan ini sudah diulang-ulang sampai saya hapal harus meletakkan titik, koma, tanda tanya dan tanda petik dibagian mana. Mungkin sahabat saya itu juga bosan mengulang pertanyaan yang sama. Saya yakin dia dan saya berada pada satu konteks yang serupa, bosan.

Pertanyaan itu, satu dari beribu pertanyaan yang tidak bisa saya jawab. Atau lebih tepatnya, saya masih belum bisa menjawabnya. Belum ingin.
Ada banyak hal yang menyebabkan saya masih belum ingin menjawab pertanyaan itu. Salah satunya mungkin, harapan. Masih ada harapan, saya yakin. Dan selama harapan itu masih melayang-layang ditempatnya, selama itu juga saya tidak akan menyerah. Bukankah tidak selamanya orang yang berharap itu akan dikecewakan terus-menerus?
Terkadang, memang ada rasa menyerah. Kerap kali membenak saat saya sudah merasa sangat lelah. Tapi entah kenapa untuk menjawab pertanyaan itu lidah saya masih belum ingin mengatakannya. Walau saat itu saya berada ditengah-tengah keadaan sangat lelah sekalipun. Lidah masih tak ingin, hati masih menolak.

Sekali lagi saya katakan, saya masih belum bisa menjawab pertanyaan itu. Jangan diulang lagi, karna saya sudah sangat bosan mendengarnya. Entah itu tiga, empat, atau sepuluh tahun lagi saya benar-benar belum tahu. Yang pasti selama harapan itu masih ada, selama itu juga saya akan memperjuangkannya. Jika memang harapan sudah benar-benar kandas, mungkin saat itulah saya menyerah. Saya tidak ingin menyerah begitu cepat, terlebih-lebih untuk hal yang patut diperjuangkan seperti ini.

Saya yakin langkah saya ini benar. Semoga. Harapan itu masih ada.

You Might Also Like

3 comments

  1. Semoga cepat move on ya kaka icaks!

    ReplyDelete
  2. salam sukses gan, bagi2 motivasi .,
    jujur dalam segala hal tidak akan mengubah duniamu menjadi buruk ,.
    ditunggu kunjungan baliknya gan .,.

    ReplyDelete

"...ada waktu untuk memeluk, ada waktu untuk menahan diri dari memeluk"
--Efesus 3:5b

NEWSLETTER

Subscribe