Ada Yang Baru Nih! ^^

4:35 pm

Tanggal 13 Juni kemarin ada kegiatan di kampus saya. Kegiatan yang untuk pertama kalinya selama dua tahun mengecap pendidikan di kampus tercinta, saya menjadi panitia. Yeay!
Kegiatan apakah itu? Jeng-jenjeng.
Wait, sebelumnya saya akan memberitahu bahwa saya sudah bergabung dalam sebuah badan organisasi mahasiswa di kampus. Ceritanya kemarin itu lagi sibuk-sibuknya organisasi, tumben-tumbenan loh. Padahal dari SMA ogah banget ikut organisasi-organisasian. Organisasi apakah itu? Yak, Tim Bantuan Medis.
Jadi ceritanya kemaren itu saya dan teman-teman TBM melakukan kegiatan aksi donor darah di kampus. Dari jauh-jauh hari udah di promosiin, dan enggak jarang dapat penolakan dari para mahasiswa. Ada yang alasannya takut jarum lah, hipotensi lah, habis tifus lah, dan yang paling sering didengar adalah 'lagi menstruasi' (bagi para cewek). Sempat down juga, takut entar pas hari H target yang kami janjikan pada PMI tidak mencukupi. Apalagi ini kegiatan organisasi kami yang pertama, masa langsung gagal gitu. But, tetep optimis pokoknya!
Ketika hari H, ternyata yang mendonor enggak sesedikit yang saya bayangin. Banyak banget, dua kali lipat dari yang ditargetkan. Bahkan pihak PMI terpaksa mengirim dua bed dan seorang perawat lagi untuk membantu kegiatan donor darah. Surprised.


Dari ekspresi muka mereka diatas ini, saya simpulkan kalau ditusuk jarum dengan ukuran yang cukup besar sama sekali enggak sakit.


Jadi, berikut langkah-langkah untuk donor darah :
1. Pendaftaran 
Di meja paling depan adalah meja pendaftaran. Disana ada saya (hihi) yang membantu para sukarelawan untuk mengisi beberapa data dan pernyataan bahwa orang tersebut bersedia untuk mendonorkan darahnya *ciyee. Sayang sekali, saya lupa menjepret form pendaftarannya.

2. Pemeriksaan Tekanan Darah
Ini penting!
Orang yang mendonorkan harus memiliki tekanan darah sistole 110 - 160 mmHg dan diastole 70 - 100 mmHg. Tidak boleh kurang, tidak boleh lebih. Mutlak. Denyut nadi 50 - 100 x/menit/teratur.

3.Pemeriksaan Golongan Darah dan HB
Hemoglobin wanita minimal 12 g%, sedangkan pria 12,5 g%.

4. Pengambilan Darah
Siap-siap mendengar perawat mengatakan kalimat seperti ini, "RASANYA HANYA SEPERTI DI GIGIT SEMUT KOK" <--- bohong="" br="">Saya jadi ingat, dulu pernah kecelakaan karna keserempet mobil yang ngebut-ngebutan. Seketika saya pucat, tekanan darah turun, denyut nadi turun. Langsung dilarikan kerumah sakit terdekat dan di beri infus. Lalu seperti biasa perawat akan mengatakan kalimat pamungkasnya yang sudah turun-temurun, "Rasanya seperti digigit semut kok". Bohong! Bagaimana bisa tusukan abocath nomor 20 disamakan dengan gigitan semut kecil yang besarnya tidak sampai 3 mm? ckck.

5.Pengambilan Kartu Donor Darah
Finally! Inilah saat yang ditunggu-tunggu. Mendapatkan kartu donor dan tentu saja makanan pengganti darah yang telah diambil. Yeay.


Syarat Donor
1. Sehat pada saat anda menyumbangkan darah
2. Usia 17-65 tahun
3. Berat badan minimal 45 kg
4. Temperatur tubuh 36,6 - 37,5º C (oral)
5. Tekanan darah baik, yaitu :
Sistole : 110-160 mmHg
Diastole : 70-100 mmHg
Denyut nadi 50-100 x/menit teratur
6. Hemoglobin
Wanita : minimal 12 g %
Pria : minimal 12,5 g %
7. berpenyakit jantung, hati, paru, ginjal, kencing manis, perdarahan, kejang-kejang ,kanker, penyakit kulit kronis
8. Tidak hamil, menyusui, menstruasi ( wanita)
9. Kulit lengan donor sehat
10. Tidak menerima transfusi darah / komponen darah dalam 6 (enam) bulan terakhir
11. Tidak menderita penyakit infeksi : malaria, hepatitis, HIV / AIDS
12. Bukan pencandu alkohol / narkoba
13. Tidak mendapat immunisasi dalam 2-4 minggu terakhir dan tidak demam
14. Tidak digigit binatang yang menderita rabies dalam 1 (satu) tahun terakhir
15. Beri tahu petugas bila pernah minum ASPIRIN dalam 3 hari terakhir
16. Jarak penyumbangan darah minimal 3 bulan, keadaan inipun harus disesuaikan dengan keadaan umum donor.

Heh, tapi kok dari tadi enggak ada foto saya yang lagi donor? Hehehe saya tidak donor, bukan karna pelit darah tapi karna TAKUT JARUM. Padahal saya yang jadi panitia, tapi saya pula yang enggak donor. Oalah  (-,- )


Tapi walaupun enggak donor, narsis tetap jalan dong! 


Semoga dikesempatan donor darah yang lain, saya bisa mengalahkan jarum! Amin!

You Might Also Like

0 comments

"...ada waktu untuk memeluk, ada waktu untuk menahan diri dari memeluk"
--Efesus 3:5b

NEWSLETTER

Subscribe