Long Time Ago #latepost

2:00 am

Tulisan ini aku buat ditengah-tengah kemumetan akan slide blok onkologi. Efek kopi yang diminum jam tujuh malam tadi sungguh manjur. Buktinya hingga pukul dua pagi begini, aku belum juga tidur. Mata memang menatap laptop, namun otak entah lari kemana-mana. Sebagian besar pikiran ini didominasi candy crush sudah masuk level 94, sebagian kecil lagi tentang ujian blok lusa. 

Tiba-tiba aku teringat, dulu cita-cita ku bukan berada di jurusan ini. Mungkin banyak orang yang mengalami ini, berganti-ganti cita-cita sampai pada akhirnya ditentukan oleh nasib dan keadaan. Dulu sekali, ketika masih SD entah-kelas-berapa, aku sempat bercita-cita jadi guru matematika. Ya, saat itu memang matematika adalah pelajaran favoritku. Mungkin karna gurunya baik kali ya. Namanya juga anak-anak, gampang simpati sama orang yang kelihatannya baik. Entah itu tulus atau tidak, ya mereka senang aja. Tapi katanya sih, anak-anak itu tahu cara membedakan kebaikan natural atau dibuat-buat. Mungkin hal itu tidak berlaku padaku.
Jaman SD juga aku pernah bercita-cita jadi artis, hal ini dipicu oleh AFI yang di indosiar itu loh. Ketika itu, AFI lagi tenar-tenarnya. Acara paling banyak ditonton dari umur muda sampai tua. Dulu favoritku si Mawar AFI , walaupun yang jadi juaranya Fery anak Medan dari Kabupaten Langkat. Tapi ngomong-ngomong pada kemana Mawar dan Fery ya? Ga pernah kelihatan lagi. Satu-satunya jebolan AFI yang masih laris manis kayanya cuma Tika dan Tiwi deh, Bojes Haikal dan lainnya entah kemana. 
Lalu, percaya ga percaya aku pernah bercita-cita jadi istri presiden, oke ini yang paling absurb. Ya namanya juga masih anak-anak ya kan, yang mereka pikirkan kadang aneh-aneh. Naik kejenjang SMP, aku berubah haluan, jadi psikolog anak. Pelopor utamanya ya Kak Seto yang saat itu sering banget masuk media televisi. Menurutku waktu itu, psikolog itu ‘Setali Tiga Uang’. Sambil kerja sambil masuk tipi juga, atau dalam kata lain jadi artis. Mana tau cita-cita lama ku bisa terwujudkan juga hehe. Tapi sebenarnya bukan karna masuk tipinya itu loh, ya pengen aja deket sama anak-anak. Suka aja. Lalu aku pernah bercita-cita jadi arsitek saat SMA. Ini murni dipelopori oleh The Sims series. Pernah juga ngebayangin jadi guru kimia karna ngefans banget sama guru kimia di SMA. Kelas 1 SMA kepikiran pengen jadi penulis yang bukunya di terbitin dan ada di Gramedia hehe ini sih sampe sekarang masih lanjut. Bahkan sempat dulu mau milih jurusan sastra indonesia. Kadang suka iri aja sama para penulis-penulis buku best seller, hebat mereka. Mengajukan naskah ke penerbit enggak mudah loh. Aku udah nyoba lima kali dan engga ada satupun yang direspon. Dan sering juga ikut lomba-lomba, hasilnya juga sama. Pernah sih jadi salah satu pemenang favorit di lomba penulisan cerpen nasional tahun 2009. Saat itu yang ngadain PT Rohto. Bahagia loh pas liat nama kita sendiri tercetak di website dan buku resmi. Ah entah kapan bisa terealisasi, someday :’)

Dan sekarang engga nyangka, engga pernah kepikiran malah milih jurusan kesehatan buat masa depan. Bahkan buat membayangkannya aja ga pernah. Tapi ternyata Tuhan lebih baik, Dia punya rencana lebih baik buat hidupku hehe. Dan semoga suatu hari nanti diberi kesempatan nerbitin buku ya, Amin. 

You Might Also Like

0 comments

"...ada waktu untuk memeluk, ada waktu untuk menahan diri dari memeluk"
--Efesus 3:5b

NEWSLETTER

Subscribe