One Step Closer

6:00 pm

"Sebab sesungguhnya masa depan sungguh ada, dan harapan mu tidak akan hilang."
Amsal 23 : 18 
Hari ini adalah hari terakhir aku menjalani hidup sebagai mahasiswa di kampus. Ujian blok terakhir tadi berjalan mulus tanpa selulit. Lempang aja rasanya. Setelah ini bakal masuk ke kehidupan yang baru lagi, sebagai dokter muda selama 1,5 - 2 tahun kedepan. Sebenarnya sampai sekarang aku masih belum yakin sih bakal wisuda lalu menyandang gelar yang baru. Rasanya baru kemaren sibuk-sibuknya SNMPTN, sibuk-sibuknya jadi mahasiswa baru, capek-capeknya ngerjain jurnal dan menghapal sobotta. Waktu 3,5 tahun bukanlah waktu yang singkat. Euforia jadi mahasiswa kedokteran hanya dirasakan seminggu diawal tahun ajaran, masuk ke minggu kedua mulai deh menyesali hidup dan pilihan. Tapi semakin kesini semakin tau dan sadar tugas ku sebagai mahasiswa, mulai memahami dan memandang semuanya lebih luas. 

Banyak cerita. Mulai dari nasibku yang sedari SD sampai sekarang tetap aja masuk hitungan absen nomor 10 dari atas. Selalu aja kedapatan duduk dibangku depan pas ujian, udah kebal pokoknya. Udah ga greget lagi. Tutorial di ruang pertama, skill lab juga diruang pertama, OSCE digelombang pertama. Mudahan-mudahan nanti jadi orang yang pertama juga pas masuk surga hahaha amin. Memang tak terpungkiri masa-masa kuliah itu adalah masa-masa yang berat tapi bakal bikin kangen. 

Desember 2011 : Mau ujian lab tapi nyempetin foto-foto padahal otak mau pecah


Agustus 2012 : Pratikum Laboratorium Fisiologi


Oktober 2013 : Penyuluhan cara menyikat gigi dan mencuci tangan dengan benar pada adek-adek SD di Porsea Sumut


Januari 2014 : Children Trauma Healing Gunung Sinabung bersama Tim Bantuan Medis FK UMI


Oktober 2014 : Pelatihan Dokter Remaja di SMP Methodist - 1 Medan 


Februari 2015 : Foto bareng keluarga ruang tutorial 301 angkatan 2011

Aku tahu, perjuangan enggak sampai disini doang. Masih masih dan masih panjang perjalanan ku. Masih terus dan terus banyak membaca dan belajar lebih banyak lagi. Yah setidaknya one step closer menuju tujuan sebenarnya.

You Might Also Like

0 comments

"...ada waktu untuk memeluk, ada waktu untuk menahan diri dari memeluk"
--Efesus 3:5b

NEWSLETTER

Subscribe