4 Langkah Sederhana Menolak Jerawat

1:49 pm


"Aduh, muka aku jerawatan nih, Mungkin mau menstruasi kali ya?"
Ladies sering banget kan kita atau temen disekitar mengeluarkan statment diatas tiap kali ada jerawat muncul. Hormon dan siklus datang bulan sering kali dikambing-hitamkan sebagai penyebab utama munculnya jerawat. Padahal sebenarnya, hormon merupakan faktor kesekian yang dapat mengundang jerawat nongkrong di wajah. Faktor utama kenapa jerawat suka nangkring diwajah adalah faktor kebersihan diri. Bawaan hormon dan keturunan adalah faktor diurutan kedua dan ketiga. Jadi, jika ladies bisa menjaga kebersihan wajah dengan benar percaya deh jerawat pasti segan. Jangankan buat nangkring, buat ngelirik wajah kamu aja jerawat pasti gak berani.

Sedikit informasi, jerawat timbul akibat adanya bakteri Propionobacterium acnes. Bakteri dengan nama cantik ini suka sekali tinggal di pori-pori kulit yang tersumbat. Dalam hal ini minyak, debu, kotoran adalah faktor utama yang paling sering menyumbat pori-pori. Propionobacterium acnes merupakan jenis bakteri yang dapat hidup dilingkungan tanpa oksigen atau bahkan dapat berkembangbiak dengan sangat baik jika oksigen tidak tersedia. Nah ketika pori-pori kulit ladies tersumbat, otomatis oksigen yang ada dilingkungan luar tidak dapat masuk kedalam kulit. Hal inilah yang dapat memancing Propionobacterium acnes untuk lahir dan berkembang-biak. 

Sekarang udah ngerti kan, kalau ternyata kebersihan itu cukup penting dalam mencegah jerawat?Ketika wajah bersih dari debu dan minyak, kulit dapat bernafas dengan baik sehingga bakteri tidak dapat berkembangbiak. Berikut ini aku bakal kasih tau langkah mudah untuk menjaga kebersihan wajah.

Langkah 1 : Biasakan Mencuci Tangan Dengan Sabun Sebelum Memegang Wajah Ataupun Mencuci Wajah



Ini langkah pertama yang sebenarnya simple namun sering kali di anggap sepele. Ketika ladies mencuci wajah, apakah pernah terpikir untuk mencuci tangan terlebih dahulu? Bayangkan saja dalam sehari kita tidak tahu apa saja yang sudah kita pegang dengan tangan. Atau entah sudah berapa banyak juta bakteri hinggap ditangan. Lalu dengan santainya, ladies memegang wajah atau mencuci wajah tanpa mencuci tangan terlebih dahulu. Berjuta-juta bakteri yang ada ditangan tadi, kini sudah berpindah dengan mudah ke wajah. Mengerikan ya? Bayangin sendiri ketika wajah kamu ditutupi oleh bakteri yang sangat banyak. Untuk itu, biasakan untuk mencuci tangan terlebih dahulu ya ladies. Ingat, cuci tangan mesti menggunakan sabun. Mencuci tangan dengan air saja tidak akan membunuh bakteri. Membersihkan tangan dengan hand sanitizer sebenarnya tidak begitu dianjurkan, karna hanya membuat bakteri pingsan untuk sementara waktu bukan untuk membunuh bakteri.

Langkah 2 : Hindari Mengeringkan Wajah Dengan Handuk Badan



Handuk yang lembab merupakan tempat terbaik untuk perkembangbiakan bakteri. Menggunakan handuk badan yang lembab untuk mengeringkan wajah tidaklah dianjurkan. Karna dapat memindahkan bakteri yang ada dihanduk ke wajah yang sudah bersih. Gunakan facial tissue untuk mengeringkan wajah. Keringkan dengan cara menepuk-nepuk wajah dengan pelan, bukan menggosok kulitnya dengan kasar. Faktanya, menggosok kulit wajah dengan kasar dapat merusak tekstur kulit dan juga menimbulkan flek hitam. Dianjurkan untuk tidak menggunakan wet tissue untuk membersihkan wajah. Karna dapat membuat wajah kering, sehingga memberi alarm ke sistem tubuh untuk memproduksi minyak diwajah. Selain itu wet tissue mengandung alkohol dan parfume yang dapat menimbulkan iritasi pada kulit sensitif. 

Langkah 3 : Ganti Sarung Bantalmu Maksimal Seminggu Sekali



Sarung bantal yang kotor adalah media yang baik dalam penyebaran bakteri. Mengganti sarung bantal dapat menurunkan presentasi timbulnya jerawat, Ladies, kita sering tidur tanpa mencuci wajah terlebih dahulu. Pulang kampus atau kerja langsung tidur, lagi keringatan juga langsung tidur dibantal yang sama, Bantal juga sering jatuh ke lantai ataupun kena debu-debu yang tidak terlihat. Emangnya kamu mau berbagi bantal dengan debu dan kotoran? Kalau aku sih ogah. Makanya jangan lupa mengganti sarung bantal dan seprai mu seminggu sekali ya ladies.

Langkah 4 : Jangan Terlalu Sering Mencuci Wajah



Mencuci wajah 5 kali sehari maka wajah akan bersih dan bebas jerawat? Tidak. Mencuci wajah terlalu sering atau tidak sesuai dengan kebutuhan kulit kamu dapat menyebabkan wajah mu kering loh ladies. Tubuh kita sendiri merupakan sistem yang kompleks, ketika ada satu saja masalah maka alarm system akan mengirim pesan ke otak untuk memperbaiki kesalahan tersebut.  Jadi, jangan sampai tubuh menganggap fenomena wajah kering adalah sebuah permasalahan yang serius. Sehingga tubuh memproduksi minyak dengan berlebihan untuk menanggulangi hal itu. Cucilah wajah dengan frekuensi yang sesuai, dianjurkan untuk mencuci ketika mandi di pagi dan sore hari, serta sebelum tidur ya.


4 hal diatas bisa menjadi hal sederhana yang dapat kamu lakukan untuk menolak jerawat. Selain itu gunakan pencuci wajah dan pelembab wajah yang sesuai dengan jenis kulit kamu ya ladies. Hindari penggunaan make-up seperti foundation terlalu sering, karna kandungan mineral oil dalam produk make-up dapat menyumbat pori-pori wajah. Jika jerawat kamu terlalu parah, mungkin saja kamu membutuhkan bantuan dokter spesialis kulit. Jangan segan loh untuk mengunjungi dokter. Dokter tidak semengerikan yang dikatakan kok.

Tetap sehat, tetap bersih dan selalu cantik!


You Might Also Like

0 comments

"...ada waktu untuk memeluk, ada waktu untuk menahan diri dari memeluk"
--Efesus 3:5b

NEWSLETTER

Subscribe