Target Pencapaian

10:12 pm


Umur 24 tahun adalah umur dimana akan banyak muncul pertanyaan "Kapan menikah?", "Nyusul kapan?", "Kapan ngenalin calon hela sama orang papa?"

Percayalah, aku sudah sangat sangat terbiasa dengan pertanyaan-pertanyaan seperti ini. Ya jalan hidup dan target pencapain setiap orang berbeda-beda. Ada yang menargetkan diumur 25 tahun harus sudah menikah, ada yang berencana akan mempunyai anak di usia muda, atau bahkan ada yang menargetkan harus mempunyai apa setelah lulus dan bekerja nanti. Sama seperti Barack Obama yang menjadi Presiden AS diumur 55 tahun, sedangkan Donald Trump menjabat sebagai Presiden AS diumurnya 70 tahun. Setiap manusia pasti memiliki banyak target dan goal prioritas yang sudah dipikirkannya sejak lama.

Sementara itu disisi lain target dan pencapaian orang-orang diluar sana mungkin dengan target pencapaian yang ku rencanakan. Disaat orang-orang sudah menamatkan pendidikan mereka di umur 21 tahun, aku masih sibuk wara-wiri memanjat tangga RS untuk mengikuti dokter konsulen visit. Ketika seorang gadis sudah menikah diumurnya yang ke 23 tahun, aku masih sibuk begadang menghapal barisan-barisan tatalaksana pengobatan Tuberkulosis. Dan ketika mereka berumur 25 tahun sudah memiliki seorang anak, mungkin aku baru saja selesai menyelesaikan Program 
Internship Dokter Indonesia (PIDI). 

Jelas! Menikah ketika belum menyelesaikan pendidikan bukanlah salah satu rencanaku. Bahkan berpikiran seperti itu pun tidak pernah. Tidak sedikit teman-teman disekitar ku yang memutuskan untuk menikah selagi masih masa pendidikan, bahkan ada yang sudah memiliki seorang bayi. Pendidikan ini memang bukanlah pendidikan yang sebentar. Setelah ini aku harus menghadapi setiap tahap demi tahap yang tidak akan pernah habis. Maka tak jarang yang berubah pendirian ditengah jalan dan memutuskan untuk berkeluarga walaupun masih dalam masa pendidikan. 
  
So yeah, everyone is running their own race, in their own time. Don't envy them, or mock them. Because they are in their time zone. I have mine and you have yours.

You Might Also Like

0 comments

"...ada waktu untuk memeluk, ada waktu untuk menahan diri dari memeluk"
--Efesus 3:5b

NEWSLETTER

Subscribe