#weekendreview : Haircare Routine

8:22 pm

Holla! Happy weekend semua. 

Wah gak terasa udah masuk bulan keempat di tahun 2017. Aku ngerasa waktu berjalan begitu sangat cepat, begitu cepatnya sampai aku sadar terlalu banyak membuang waktu di tiga bulan pertama 2017. UKMPPD 43 hari lagi, ya kurang lebih segitulah. Aku diingatkan tentang hal ini tadi sore melalui status salah seorang temanku. Bingung mau nanggapinnya seperti apa, karna kemampuan masih jauh dibawah standart untuk menghadapi UKMPPD. But, yeah masih ada 43 hari lagi sebelum hari H. Semoga si Anissa lebih banyak belajarnya daripada main henpon dan memikirkan hal-hal ga jelas.

So yah, kali ini aku mau review soal haircare routine ku beberapa bulan belakangan ini. Karna aku tipe orang yang suka nyoba-nyoba produk sampai akhirnya nemuin yang terbaik untuk diri sendiri. Nah kalau udah nemu yang benar-benar cocok, percayalah aku akan setia sama satu produk itu dalam waktu yang lama dan kecil kemungkinan akan menggantinya dengan produk lain.

Aku punya rambut kering, ngembang, tebal dan keriting. Cenderung sulit diatur, namun tidak terlalu rontok. Rontoknya masih dalam batas normal, hanya ketika sedang keramas atau di sisir. Faktanya, aku jarang menyisir rambut hahaha hanya ketika baru keramas dengan keadaan setengah basah.

Rambut asli ku. Pada kenyataannya, sulit diatur dan kering.

1. Shampoo


Baru-baru ini aku gunain shampoo Hair Energy Makarizo yang aroma kiwi. Sungguh aku suka dengan aroma shampoo ini, aroma permen karet. Sebelum coba ini, aku setia pada Pantene Hair Fall sejak awal masuk kuliah, atau sekitar 6 tahun yang lalu. Yah walaupun suka coba-coba yang lain juga ditengah perjalanan, tapi akhirnya balik lagi ke si Pantene Hair Fall ini. Kalau efek shampoo makarizo aku belum tau. Karna masih coba sekali. Tapi so far suka sama aromanya, walaupun tidak bertahan lama ketika rambut sudah kering. Harganya shampoo ini sekitar 19.000 untuk 170ml. Dan untungnya lagi, shampoo ini gampang kok dijumpai di supermarket terdekat.

2. Conditioner


Ini adalah produk wajib yang ga boleh aku skip setiap kali keramas. I need this biar rambut nurut dan ga melawan (loh?). Aku lebih sering ganti-ganti conditioner daripada ganti shampo, karna rasanya kok lebih susah ya menemukan conditioner yang tepat? Pernah udah cocok banget sama sebuah conditioner, eh rupa-rupanya menimbulkan ketombe setelah berapa lama pemakaian. Jadinya ya terpaksa aku stop. Aku juga pengguna conditioner yang boros, ya mungkin karna rambut aku tebal ya. Baru-baru ini, aku nyobain Sogo Conditioner (lagi). Ini barang legendaris! Dari jaman aku SD ini produk udah ada, dan aku pernah pakai juga. Nah, kemaren pas lagi belanja bulanan di supermarket aku lagi nyari-nyari conditioner baru. Kebetulan Good Creambath Emulsion ku habis (aku gunain ini udah lama juga, sejak aku koas di Kisaran Januari 2016 lalu). Liat-liat di rak perawatan rambut, akhirnya ga sengaja ngeliat Sogo ini. Yaudah, aku berniat mau nyobain ini lagi. Harga Sogo Conditioner ini murah, hanya 11.000 untuk ukuran 300ml. I love a cheap product, yeay!

3. Hair Tonic


Sebenarnya aku tidak terlalu sering pakai ini, karna bikin kulit kepala ku gatal. Tapi kadang-kadang ku pakai juga kalau lagi ingat dan butuh penyegaran yang extra di kulit kepala. Lagian aku belum nemuin hair tonic yang bener-bener menyembuhkan kerontokkan. Mylea hair tonic 200ml ini aku beli sekitar Rp. 40.000 - Rp 45.000. 

4. Heat Protection


Biasanya kalau habis keramas di malam hari, keesokan paginya aku bakal mencatok rambut. Tapi ga semuanya, hanya bagian atas dan bagian luar rambut aja. Itu pun cuma ku lakuin kalau mau pergi ke RS atau keluar. Karna rambutku dasarnya udah kering, aku jadi sedikit agak khawatir kalau setiap hari menggunakan catokan. Jadi pas butuh atau lagi mau keluar aja untuk merapikan bagian atas rambut sedikit. Aku pakai Tresemme Flat Iron Smoothing Spray ini udah lumayan lama. Botol yang sekarang, adalah botol ketiga. Point plusnya dari produk ini menurutku harga yang murah dan juga efek smoothingnya emang keliatan seketika. Bener-bener melembutkan, recommended deh! Kadang walau aku ga mau catokan tapi rambut kering banget, aku suka semprot-semprot ini ke rambut. Selain itu, aromanya enak. Tresemme flat iron smooting spray ini aku beli seharga 47.000 rupiah dengan volume 236ml.

5. Hair Vitamin Oil


Mungkin ini produk wajib kedua ku setelah conditioner untuk menaklukkan rambut keriting yang kering ini. Karna merupakan produk wajib, aku sering juga coba-coba hair oil. Tapi sampai sekarang belum ada yang cocok. Ada satu yang cocok, tapi agak susah dijumpai. Mesti ke supermarket yang besar baru deh bisa nemu itu barang. Dia adalah Loreal Extraordinary Oil, I purchase this one for a four time and I love it. Tapi berhubung karna sulit dijumpai, jadinya dua bulan belakangan aku lagi gunain Lucidol-L Hair Oil for Damaged Hair. Menurutku, produk ini tidak terlalu amazing. Bahkan lebih ga ada gunanya. Tidak melembutkan sama sekali. Kayaknya setelah ini habis, aku bakal balik lagi ke Loreal Extraordinary Oil aja deh. Lucido-L ini aku beli sekitar harag 32.000 rupiah.

6. Hair Parfume 


Makarizo hair energy scentsations morning dew ini aku beli secara mendadak atau dalam arti "emergency". Jadi beberapa waktu yang lalu, tepatnya sekitar awal 2017 aku diajak kesebuah cafe music live kota Medan oleh Tulang. Cafe itu dipenuhi dengan bapak-bapak serta ibu-ibu yang hampir seluruhnya merokok. Ruangan cafe itu benar-benar kayak kumpulan asap yang banyak sekali. Bisa dibayangkan gimana suasana disana, rambutku dalam waktu sejam saja sudah bau rokok yang ga bakal hilang kalau tidak dicuci dengan shampoo. Entah kenapa bau asap rokok ini nempelnya lama banget ya, entah itu di baju, di mulut atau di rambut. Sebel. Karna berhubung besok paginya aku kebaktian minggu pagi, aku ga nyaman sekali dengan bau asap rokok yang nempel di rambut ini. Sehingga ku beli lah hair parfume ini di Alfamart samping cafe. Ya lumayan menyamarkan bau asap rokoknya sih, walau ga menyamarkan 100%. Makarizo scentsations morning dew ini aku beli seharga 11.000 rupiah untuk ukuran 30ml. 

Jadi itulah haircare routine aku setiap hari. Aku lebih suka gunain produk yang gampang ditemukan dan harga terjangkau. Aku pernah cobain vitamin oilnya Kerastase yang terkenal mahal itu, dan menurutku kualitasnya sebanding dengan kualitas produk yang 4 kali lebih murah. Buat apa sih menggunakan produk mahal kalau ada produk bagus dengan harga terjangkau, iya gak? Intinya, jangan pernah maksain buat membeli sesuatu yang ga sanggup kamu beli. Tapi kalau punya duit untuk membeli yang lebih mahal, sah-sah aja sih ya.

 Dan, selamat menjadi cantik!

You Might Also Like

0 comments

"...ada waktu untuk memeluk, ada waktu untuk menahan diri dari memeluk"
--Efesus 3:5b

NEWSLETTER

Subscribe