Hippocratic Oath, Officially

3:13 pm

Unlocked Life Achievements #1 : Hippocratic Oath 
Akhirnya setelah 6 tahun kesana kemari sampai sering kehabisan tenaga, aku bisa menyematkan dua huruf baru di depan nama. Yes, officially dr. Anissa Florence Pardede! Terimakasih Tuhan Yesus.



Seperti postingan aku sebelumnya, beberapa bulan yang lalu aku rempong belajar UKMPPD untuk ujian bulan Mei 2017 Batch 2. Belajar mulai dari jam 8 pagi ke tempat les, terus belajar sampai jam 1 siang. Lalu lanjut lagi diskusi bahas soal sampai jam 7 malam, dan sampai dirumah udah jam 8 malam. Makan dan mandi dilakukan dalam waktu sejam, tidur sejam, terus lanjut belajar lagi sampai jam 3 pagi. Sungguh berasa zombie selama 2 bulan full siklus hidup begitu terus. Sampai-sampai buat makan sama bernafas aja rasanya kok susah ya? Tiap liat tanggal di kalender kayak dikejar deadline, menghitung-hitung udah 'H min berapa' menuju ujian UKMPPD. Memang dalam hati ditekadkan supaya melakukan hal paling terbaik untuk kali ini, jangan sampai menyesal dikemudian hari karna ga belajar sungguh-sungguh, Padahal sudah rahasia umum kalau otak si nisa ini isinya tentang liburan dan nonton drama korea aja haha emang perjuangan kali lah kalau ingat persiapan UKMPPD kemaren. Yang dikorbankan bukan hanya waktu, tenaga dan jam tidur. Hubungan dengan orang lain pun ada beberapa yang dikorbankan atau terkorbankan secara tidak sengaja. Orang-orang yang dulu jauh, jadi tiba-tiba dekat. Dan mereka yang dulunya dekat, perlahan hilang sampai ga kedengaran kabarnya sampai sekarang. But it's a life right? Dibawa senyum aja haha. 
Jadi, ujian UKMPPD Batch 2 kemaren diadakan tanggal 13 Mei 2017. Padahal seharusnya menurut jadwal diadakan tanggal 20 Mei, tapi entah kenapa di percepat seminggu. So yaa, jangan pikir aku semakin banyak bahas soal di hari-hari seminggu sebelum ujian. Malah udah mulai jenuh dan mumet. Udah mau muntah karna yang dibaca itu-itu aja, yang dihapal itu-itu aja dan lucunya tetap aja sering lupa padahal udah sering diulang. Dalam otak rasanya udah pengen kali refreshing nyebur ke Danau Toba sangkin bosannya bahas soal UKMPPD. Tapi ya tetap aja mengesampingkan rencana liburan itu demi satu hari penentuan ditanggal 13 Mei.
Percaya ga percaya H - 3 aku demam dan muntah-muntah, mungkin karna minum kopi udah dua bulan rutin. Demi begadang belajar malam, sampai-sampai minum kopi satu gelas besar tiap hari. Biar mata melek terus. Aku langsung mikir kalau ini udah ga benar lagi. Hari H udah mau dekat, jangan sampai tiba-tiba drop pas ujian. Aku ambil keputusan di H - 3 stop kopi saat itu juga dan maksimal belajar sampai jam 10 malam aja. Banyak-banyakin denger musik biar otak ga stres. 
Aku ga bakal bahas gimana model soal UKMPPD Mei 2017 kemaren, karna ya emang jujur aku sendiri ga yakin setelah selesai ujian. Aku sama kawan-kawan sampai coba inget-inget soal dan menghitung berapa kemungkinan soal yang benar dijawab dari 200 soal. Aku ga bisa ngomong apapun di ruang karantina selesai ujian (kebetulan dapat sesi ujian pagi). Karna merasa bodoh banget kenapa bisa salah jawab soal yang begitu sangat mudah. Jantung rasanya mau meledak dan kepala mau pecah pas kawan-kawan yang lain bahas soal di ruang karantina selesai ujian. 'YAAAA TUHAAAN, AKU SALAH BANYAAAK ASTAAGAAA' ini lah kalimat yang berkali-kali aku ulang dipikiran.
Pulang dari sana aku nangis kayak orang habis putus, sampai nyasar salah jalan lagi karna ga konsen. Mama bolak-balik nelpon ga aku angkat, karna beneran takut bakal ngecewain kalau tau ujiannya begini. Pas lagi dilampu merah, disebelah ku berhenti abang-abang gojek. Abangnya merhatiin aku, mungkin abangnya ngira aku habis diputusin sampai nangis kayak orang stress. 

Singkat cerita selama seminggu setelah tanggal 13 Mei aku ga bisa makan dengan lahap. Galaunya kebangetan perkara soal UKMPPD. Tapi setelah dipikir-pikir lagi, yaudahlah ya udah selesai ujiannya. Aku udah lakukan hal terbaik yang aku bisa, hasil ga akan mengkhianati usaha (edisi menghibur diri sendiri). Tapi kalaupun emang di hari pengumuman tanggal 20 Juni nanti aku nerima berita buruk, ya aku juga udah siap. Apapun hasilnya nanti yasudaaahlaaah apa boleh buaaaat.

Akhirnya hari pengumuman tiba. Entah atas dasar apa menuju hari pengumuman banyak kali berita-berita bikin sakit kepala. Dari grup kampus diberitahu kalau pengumuman yang semula tanggal 20 Juni jadi diundur entah sampai kapan. Hal ini karna ternyata hampir setengah dari seluruh peserta UKMPPD tidak memenuhi standart kelulusan. Lebih parahnya lagi ada hoax yang bilang kalau ujian UKMPPD Mei 2017 mau diulang. DI ULAAANG?! YANG BENER AJA BOS?! Denger berita begini lagi-lagi jantungku kayak berhenti, gak tahu harus menanggapinya seperti apa. Tanggal 22 Juni akhirnya pengumuman keluar, HAHAAHA aku udah matiin handphone dari tanggal 20 Juni karna takut gimana hasilnya nanti. Dan benar aja, aku tahu pengumuman dari temen yang bilang "Ica, congrats ya sah jadi dokter." Pas denger itu aku gatau mau percaya atau engga, sampai ku pikir kalau kawan ku itu lagi ngerjain hahaha Namun setelah aku aktifkan HP dan liat website pengumuman barulah aku percaya dan berulang-ulang bilang "Tuhan Yesus terima kasih, Tuhan Yesus terima kasih" ngomongnya sambil nangis. Bener-bener tak terkatakan momennya pas liat nama ada di barisan orang yang lulus.




Ini adalah salah satu momen yang paling membahagiakan dalam hidupku selama hampir 24 tahun. Betul-betul bahagia, kayak dapat lotre turun dari langit. Terimakasih sekali lagi untuk Bapa di surga untuk segala penyertaan hingga aku bisa mencapai ini. Terimakasih Pak Pardede dan Boru Hutabarat karna udah jadi orangtua terbaik didunia. Terimakasih untuk para barisan kawan-kawan longor namun penuh semangat yang ga pernah habis dalam mencapai cita-cita kita sejak 6 tahun lalu. Terimakasih para guru dokter senior yang ada di kampus dan di RS untuk semua ilmu, repetan, tugas dan jadwal jaga malam dek koas ini. Terimakasih para pedagang makanan di RS yang suka jualan di lorong RS karna itu menyelamatkan para adek koas yang bosan dan lapar pas lagi jaga ruangan. Puji Tuhan, 22 Juli 2017 sah jadi dr. Anissa Florence Pardede ohyeeeee haha. Ready for the next step!

Gegap gempita wisuda profesi dokter 27 Juli 2017

Mauliate ma inang naburju :)

Nah, aku kasih tips lulus one shoot ala aku (hahaha) buat sejawat yang lagi persiapan UKMPPD atau pun nantinya akan UKMPPD :
1. Siapin mental. Ini yang pertama, pastikan semangat buat belajar itu ga putus ditengah jalan.
2. Belajar. Ini harus. Korbankan dulu waktu buat nongkrong sama teman dan waktu buat tidur. Extratime buat belajar. Tiap hari aku bahas soal 200 :')
3. Jangan sombong. Jangan merasa banyak tau, karna pasti selalu ada yang kurang. Sering-sering tanya sama orang yang lebih tinggi ilmunya.
4. Cari teman diskusi yang punya komitmen, jangan cari kawan tukang gosip pas lagi diskusi.
5. Berdoa, minta doa sama orang tua. Baik-baiklah sama kawan atau orang disekitar mu, karna mereka juga akan ikut mendoakan mu kalau kau berbuat baik.
6. Jaga kesehatan. Ga ada gunanya kalau segala persiapan udah mantap tapi tiba-tiba drop di hari ujian kan?
7. Tekadkan pasti ONE SHOOT!

The next PIDI (Program Internship Dokter Indonesia), semoga ditempatkan di tanah yang dijanjikan Tuhan. Amin.


"Ketekunan menimbulkan tahan uji dan tahan uji menimbulkan pengharapan, Dan pengharapan tidak mengecewakan." Roma 5 : 4 (ayat favorit aku pas lagi masa UKMPPD)
Semangat buat teman-teman yang lagi persiapan UKMPPD. Selalulah percaya kalau gak ada usaha yang sia-sia. God Bless You :)

You Might Also Like

2 comments

  1. selamat ya dr. anissa!
    semoga aku bisa kaya kamu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah terimakasih sudah sempat mampir dik novia, semoga kamu juga mendapatkan apa yang selama ini kamu doakan ya dik. Happy reading!

      Delete

"...ada waktu untuk memeluk, ada waktu untuk menahan diri dari memeluk"
--Efesus 3:5b

NEWSLETTER

Subscribe