When In Malang #LiburanIca2017 #part1

3:32 pm

Selamat Pagi! Selamat Siang! Selamat Sore! dan Selamat Malam!

Selamat untuk kamu yang sudah berhasil menemukan blog ini. Pertama, aku mau bilang kalau aku bukanlah seorang travel blogger. Yang kedua, walaupun begitu jangan langsung buru-buru di close ya page ini. Walaupun bukan seorang travel blogger, aku bakal share pengalaman aku selama berada di Kota Malang Jawa Timur dengan sebaik-baiknya (kayak mau skripsi aja yeeee).

Jadi, sekitar sebulan yang lalu yaitu tanggal 13 - 15 Juni 2017 aku dan keluarga jalan-jalan ke Kota Malang, Jawa Timur. Sebenarnya selain jalan-jalan, kami juga kesana dalam rangka mengunjungi adek ku laki-laki yang nomor 3. Kebetulan doi kuliah di Universitas Brawijaya, tahun ini masuk semester 3. Singkat sih disana, cuma 2 harian saja. Dan aku pribadi masih belum puas menjelajah Jawa Timur dengan waktu yang sangat singkat itu. Dengan waktu yang sesingkat itu, kami bisa menjelajah beberapa taman wisata, kebetulan tidak memungkinkan melakukan perjalanan wisata alam dikarnakan ada tiga orang tua yang gak mungkin diajak manjat gunung. Padahal sebenarnya malah pengen ke wisata alamnya, mungkin yang paling mudah dan tidak terlalu berat adalah Gunung Bromo. But........ GAK SEMPAAAT! Aku bakal balik lagi kesana next time, seriusaaan gak rela meninggalkan tanah Jawa Timur dengan sangat mudah seperti kemaren. 

1. Batu Secret Zoo 

Hari pertama kami kesini. Letaknya di Kota Batu, termasuk dalam rangkaian Jatim Park. Kata oom supir travelnya, Kota Malang dan Kota Batu itu beda. Sekarang Kota Batu sudah merupakan kabupaten mandiri yang tidak lagi bagian dari Malang. Sejujurnya aku baru tahu hahaha karna yang familiar ditelingaku itu Kota Batu Malang, bukan Kota Batu. Thanks too oom supir travel karna udah memberikan informasi tentang ini, maklum aku gak terlalu pintar dipelajaran geografi dulu.

Baru juga 100 meter dari pintu masuk. Terus tiba-tiba hujan turun.
 Ini ekspresi maksa banget karna takut kalau hujan basahi kamera.

Mungkin yang bisa ku katakan adalah, aku menyesal besar karna masuk kesini hari itu. Sayang banget, gak terjalani semuanya karna tiba-tiba hujan lebat. Ditambah lagi jam kami kesana pun udah jam 3 sore. Sayang banget kan? Padahal tiket masuknya gak murah loh. Kalau gak salah 120 ribu untuk 2 wahana park. Gemes seriusaaaan, kesal. Ku sarankan jika mau kesini pilihlah di hari yang cerah dan tidak ada tanda-tanda mau hujan. Terus datanglah dari pagi, biar bisa menjalani semuanya tanpa terlewatkan sedikit pun.

Jumpa Flamingo, itu kabar baiknya. Walaupun dalam hati pengen jumpa zebra dan jerapah *hiks
That's why i don't love rain.

2. Museum Angkut 

Di museum angkut ada kayak menara pandang gitu, letaknya di lantai 2. Jadi dari sini kita bisa liat Kota Batu dari atas. Buat yang fobia ketinggian ku saran kan gausah ke menara ini deh, soalnya lumayan tinggi juga kalau liat kebawah. 
Masih di Kota Batu, musem ini termasuk dalam serangkaian Jawa Timur Park. Aku beneran terpesona sama Jawa Timur ini, pariwisatanya bagus-bagus dan terkelola dengan baik. Didekat museum ini ada dua lokasi lainnya yang masing-masing bisa dijalani sekaligus yaitu Museum D'Topeng dan Pasar Apung. Harga tiketnya Rp. 100.000/orang (Juli 2017) dengan tambahan Rp 30.000/kamera, yap masuk ke museum ini kalau bawa kamera mesti bayar biaya tambahan. Harga tiket itu sudah termasuk tiket masuk Museum D'topeng dan Pasar Apung.

Luas museum angkut ini ada sekitar 3,7 hektar, so kalian mesti kuat jiwa dan raga terutama kaki untuk menjalani museum ini secara keseluruhan. Namun walaupun begitu, ga bakal terasa kok mengelilingi museum ini. Karna semua sudutnya mempunyai spot foto yang bagus.

Di bagian indor. Gemes kan liat vespa tiga warna gini.

Di bagian outdoor, lantai dua. Jadi disini alat tranportasinya di susun sesuai kategorinya.
 Kebetulan saat foto ini aku lagi di transportasi udara.
Plusnya lagi, setiap tranportasi pasti selalu ada keterangannya. Jadi kita kesana ga sia-sia, paling engga ada beberapa informasi yang kita tahu. Mulai dari siapa pembuatnya, tahun berapa ataupun peristiwa-peristiwa penting berkaitan dengan traportasi itu diuraikan dengan jelas. Bdw, aku kebanyakan foto sih disini haha. Agak malas bacain satu persatu keterangan. Yang paling rajin baca keterangan disana adalah papa.

Berbagai macam jenis tranportasi konvensional dan modren


Setelah selesai menjelajahi museum angkut, entar kita digiring keluar park melewati Museum D'Topeng. Aku gak terlalu banyak mengambil foto disini. Tapi entar disini ada berbagai koleksi kain, perhiasan, dan tentu saja topeng dari berbagai suku di Indonesia. Ditengah-tengah museum ini ada semacam grup keroncong yang menyanyikan lagu-lagu lawas keroncong. Para penyanyi dan pemain musiknya merupakan kakek dan nenek dengan rambut memutih dan kerutan dikulit. Keren! Sayang sekali aku gak tau banyak tentang musik keroncong.

Museum D'topeng
3. Taman Rekreasi Selecta 

Tempat wisata ini terletak di Kota Malang. Luasnya lumayan juga, kalau di Medan semacam Hairos Park Medan. Masuk ke tempat wisata ini kamu harus membeli tiket Rp. 20.000 (Juli 2017) dan bebas main apa saja. Tapi beberapa permainan memang ada yang dikenakan biaya, seperti Theater 4D. Menurut ku tempat ini cocok dijadikan tempat bersantai dengan ala-ala piknik yang bawa bekal makanan. Lokasinya dipenuhi pohon-pohon, walaupun begitu diperlukan usaha ekstra untuk menjalaninya karna kebanyakan jalannya menanjak.

Sebagian kecil lahan bunga
Sky Bike. Salah satu wahana permainan di Taman Selecta.

Jalan-jalan ke Malang kemaren berkesan banget sih, tapi sayang waktunya singkat (cuma 2 hari). Satu yang kusalutkan dari Jawa Timur adalah pengelolaan tempat wisata yang baik. Kalian gak akan menyangka ada tempat wisata seperti Batu Secret Zoo, karna lokasinya seperti masuk-masuk hutan gitu. Eh rupa-rupanya ada tempat bagus. Mungkin karna itu kali ya namanya disebut Batu 'Secret' Zoo.
Ternyata kalau dipikir-pikir wisata dalam Indonesia bagus-bagus ya ga sih? Selain biayanya murah, kita juga ga perlu kesulitan karna perbedaan bahasa dan cuaca.

Indonesia, keren deh pokoknya!

 

You Might Also Like

0 comments

"...ada waktu untuk memeluk, ada waktu untuk menahan diri dari memeluk"
--Efesus 3:5b

NEWSLETTER

Subscribe