Kerempongan Sebelum Internsip #InternsipLyfePart1

1:00 pm


Eh udah masuk hari keempat di bulan Oktober ternyata. 

Curhat sedikit, aku rada rempong hari ini. Karna baru aja landing di Kota Yogyakarta! Finally akhirnya aku menginjakkan kaki di kota AADC yang terkenal itu hihihi. So pasti dong aku bakal review ngapain aja di Jogja, so stay tune di blog ini ya! ^^

Berbicara soal kerempongan, akhir-akhir ini aku sedang dibikin rempong sama syarat-syarat yang harus dilengkapi untuk menjalani Program Internship bulan November nanti. Apalagi aku bukan tipe orang yang sabar banget mengurus berkas, intinya ga bakal ngurus kalau tujuannya ga penting-penting amat. 
Nah sebelum aku cerita soal kerempongan syarat Internship, aku bakal cerita sedikit dulu ya. Sebenarnya aku adalah warga Kota Pekanbaru Riau, aku sudah menetap dikota ini sejak tahun 2004. Tapi tahun 2011 aku pindah ke Medan dalam rangka 'menjalani tangga pendidikan'. Yap, aku di Medan dari tahun 2011 - 2017. Lama kan hahaha. Berhubung berada dikota Medan dalam jangka waktu yang lama, akhirnya aku dimasukkan kedalam Kartu Keluarga (KK) opung di Medan. Tujuannya sih supaya ngurus-ngurus berkas mudah, gausah bikin surat keterangan domisili Medan. Sejak 2012 aku udah punya KTP Medan, KTP Pekanbaru yang semula ada ditukarkan dengan KTP Medan. Dan sampai sekarang KTP ku adalah KTP Sumatera Utara. 
Memang sih segala pengurusan semenjak punya KTP di Medan jadi mudah. Aku gausah lagi rempong urus-urus surat seperti ketika mempunyai KTP Riau dulu. 
Segala kerempongan mulai muncul lagi setelah aku balik lagi ke Pekanbaru. Yak, sekarang aku udah fix domisili Pekanbaru. Mengurus ini dan itu agak sulit jika menggunakan KTP luar provinsi.Yaa sebenarnya aku sendiri sih yang malas mengurus.

Udah ah kepanjangan aku ceritanya ya... haha lanjut ke inti aja yaa..

Buat kamu semua yang baru aja menerima pengumuman kelulusan UKMPPD Batch III 2017, congrats buat yang udah lulus ya! Buat yang belum, tetap semangat! Selalu lah percaya bahwa segala sesuatu memiliki waktu yang tepat.


Setelah UKMPPD dan sumpah, ternyata perjalanan gak sampai disitu aja. Bahkan ini adalah sebuah awal permulaan untuk menjalani proses yang sebenarnya. Tahap awal, kita pasti harus ikut Program Internship Dokter Indonesia (PIDI). Mau gak mau semua dokter yang mau mendapatkan Surat Ijin Praktek (SIP) dan Surat Tanda Registrasi (STR) harus mengikuti PIDI. Istilahnya ini wajib, gak boleh di skip. 

SERKOM
Hal pertama yang perlu kalian lakukan setelah di sumpah dokter adalah menerima Serkom atau Sertifikat Kompetensi. Biasanya sih Serkom di keluarkan KDI (Kolegium Dokter Indonesia) lalu dikirim ke kampus. Nah yang diperlukan dari serkom ini adalah nomornya.

STR
Langkah kedua adalah STR. Kalau dari kampus ku, kebetulan kelulusan UKMPPD Batch II Mei 2017 ada sekitar 84 orang dokter yang di sumpah. Nah jadi kami menetapkan 4 orang penanggung jawab yang akan menguruskan STR sampai nantinya bukti fisiknya sampai ditangan kita masing-masing. Jujur aku merasa lega sedikit karna ada PJ, masing-masing PJ menanggungjawabin 20 orang. Untungnya lagi PJ ku kemaren sangat aktif dan cepat. Jadi pengurusan STR tidak sesulit yang dibayangkan. 
Yang pertama dilakukan dalam pengurusan STR adalah, pembayaran. PJ akan memberi aba-aba untuk mentransfer sejumlah uang (jaman aku Rp. 300.000) ke Rekening KKI. Pembayaran ini dilakukan secara setor tunai dengan 'berita'. Di beritanya ditulis nama/nomor serkom. 
Lalu, membuat FORM 1A dan FORM 1B. Form ini didapat dari web KKI.GO.ID setelah pendaftaran registasi online.
Terakhir, jangan lupa untuk membuat surat kuasa. Surat kuasa ini akan diberikan kepada PJ (penanggung jawab) yang nantinya menjadi perwakilan di Jakarta sana. Jangan lupa untuk menempelkan materai 6000 pada surat kuasanya ya. 

Nah, nanti sekitar sebulanan kamu akan menerima SMS dari pihak KKI untuk mengambil STR di kantor pos sesuai alamat korespondensi. Jika kamu mau diambilkan oleh teman, maka lagi-lagi jangan lupa untuk menyertai mereka dengan surat kuasa ya. Karna sampai di Kantor Pos sana bakal ditanya KTP dalam pengambilan STR.

Kalau STR sudah selesai, kamu sudah bisa mendaftar internsip di http://internsip.depkes.go.id. Program Internsip Dokter Indonesia dibuka empat kali dalam setahun, yaitu periode Februari, Mei, September, dan November. Pendaftarannya biasanya dilakukan satu bulan sebelum keberangkatan ke wahana, nanti bakal ada pengumuman di website resminya. So ya, rajin-rajin buka web ya biar tau perkembangan terbarunya.

Baiklah buat teman-teman yang akan memilih wahana bulan November nanti semangat ya kita, semoga dapat wahana yang baik. Jika dapat wahana sesuai keinginan akan lebih bagus lagi sih.

Good Luck!

You Might Also Like

0 comments

"...ada waktu untuk memeluk, ada waktu untuk menahan diri dari memeluk"
--Efesus 3:5b

NEWSLETTER

Subscribe