Masak Apa Ya Hari Ini?

11:54 am

Ternyata sudah memasuki hari ke-21 di bulan Oktober aku sudah mulai bingung nyari topik tulisan yang kira-kira bakal dicari di kolom search google (maklum fakir viewers haha). Tapi aku akan berusaha dengan seluruh tenaga dan waktu akan menggenapi #30harimenulisblog yang sudah sering ku khianati sebelumnya. Mudah-mudahan kali ini tercapai sampai 30 hari ya, mohon bantu doa dan bantu viewers buat kamu yang lagi baca ini hihi. 

Karna sebelumnya aku pernah bahas di 100 FACT'S ABOUT ME kalau aku lagi suka-sukanya belajar masak. Nah gak jarang aku masak makanan yang zonk. Gak semuanya masakan yang aku masak jadi enak, beberapa ada yang keasinanlah, kematangan lah, kebanyakan tomat lah, hahaha. Maklum masih belajar. Pertama kali dapat inspirasi memasak itu karna nonton acara What Shall We Eat Today, Leaving The Nest, Home Food Rescue dan Three Meals a Day yang ditayangin sama TVN salah satu stasiun TV Korea. Seriusan ketiga program ini bener-bener bikin aku termotivasi untuk belajar masak. Terutama Three Meals A Day, aduh sumpah mereka itu keren sekali. Eric Mun beneran kayak chef handal yang bisa masak makanan-makanan eat-able, entah doi emang beneran bisa masak atau cuma acting whateverlah~ Bawaannya pasti selalu lapar kalau nonton program ini. 

Pic From : soompi.com
Okay, karna sekarang adalah hari weekend aku lagi pengen masak puding santan. Selain cara memasaknya mudah, bahannya pun murah. Seriusan ini gampang banget buatnyaa. Stay tune disini ya! Aku bakal kasih tahu bahan-bahan apa aja yang diperlukan.

Bahan :

Agar Santan
- 2 bungkus agar-agar swalow tanpa warna

- 1 buah kelapa parut 

-6 sendok gula pasir (sesuai selera)
-1200 ml air matang

Agar Merah Hijau
- 1 bungkus agar warna merah
- 1 bungkus agar warna hijau
- air matang 800 ml (masing-masing agar 400 ml)
- gula sesuai selera

Cara Membuatnya :

Pertama buat dulu adonan agar merah dan hijau. 
Saranku buatnya malam hari sebelum pembuatan agar santan. Minimal masukkan agar merah dan hijau ke kulkas selama 6 jam. 
1. Masukkan bubuk agar merah/hijau kedalam panci, lalu tuangkan air sebanyak 400 ml. Airnya memang sengaja sedikit, supaya konsistensi agarnya padat dan keras. Tambahkan gula secukupnya.
2. Lalu masak sambil aduk agar merah/hijau yang sudah ditambahkan air tadi sampai mendidih.
3. Setelah mendidih, tuang masing-masing agar merah/hijau ketempat yang berbeda. Masing-masing tempat satu warna. Tunggu 10 menit lalu masukkan ke kulkas. 


Kedua, buat adonan agar santan.
1. Campur kelapa yang sudah di parut dengan air matang 1200 ml, lalu peras untuk membuat santan. Setelah santan jadi, saring santan yang sudah jadi tadi supaya dinding batok kelapa yang ikut terparut tidak ada didalam santan.


2. Campurkan santan dan 2 bungkus agar-agar tanpa warna. Tambahkan gula sesuai selera.

3. Masak sambil aduk (supaya santannya tidak pecah) sampai mendidih.

4. Jika sudah mendidih, ambil cetakan agar-agar. Lalu susun agar merah dan hijau yang sudah dipotong dadu dibagian dasar cetakan.

5. Lalu tuang agar santan yang masih di panci keatas potongan dadu agar merah hijau didalam cetakan 


6. Tunggu 10 menit lalu masukkan ke kulkas selama 6 jam.

VOILAAA! AGAR SANTANNYA SUDAH JADI! ^^


Gampang banget kan? Bahkan buatnya ini hanya sekitar 20 menit, bahannya juga bisa dibeli di kedai depan rumah kamu. Ngomong-ngomong, agar ini tidak terlalu manis. Karna aku menggunakan sedikit gula. Jadi buat kamu yang suka manis, tambahkan saja gula sesuai kebutuhan kamu ya. Kuncinya jangan terlalu menggunakan banyak air, karna jika airnya kebanyakan agar-agarnya akan lembek sekali.

Selamat mencoba, Happy Weekend!

You Might Also Like

0 comments

"...ada waktu untuk memeluk, ada waktu untuk menahan diri dari memeluk"
--Efesus 3:5b

NEWSLETTER

Subscribe