Mencoba Metode Minimal Skincare, Yuk!

9:44 am

Halo ladies!

pic from : boranzhon.tumblr.com


Aku adalah salah satu member di aplikasi Female Daily App. Nah, di aplikasi ini banyak perempuan-perempuan yang sangat tertarik dengan skincare, makeup dan hal-hal lain yang berhubungan dengan kecantikan. 
Sering kali beberapa orang ngeshare skincare rutin mereka di aplikasi itu. Jadi setiap membernya saling bertukar informasi-informasi yang diperlukan sebelum memulai untuk membeli produk yang diinginkan, mungkin ini semacam 'spend your money for good product' menurut ku. Tapi perlu diingat lagi kalau produk yang cocok dikulit orang lain belum tentu cocok juga dikulit kita, serta belum tentu juga kita butuhkan. Karna setiap kulit perempuan itu unik dan berbeda. Dua saudara kembar identik bisa saja memiliki sifat dan karakter yang berbeda, begitu juga dengan kulitnya.



Nah, aku sering melihat-lihat kalau banyak sekali perempuan bertipe wajah acne prone (seperti ku) yang menggunakan terlalu banyak step skincare. Ya mungkin kamu pengen biar kulitmu segera membaik sehingga mengoleskan begitu banyak varian produk. Padahal mungkin produk itu bisa saja 'tidak diperlukan oleh kulit kamu'. Jadi gak jarang yang mengeluh, "Aku udah pakai produk bagus dengan step yang tepat. Tapi kok kulit ku tidak menunjukkan perbaikan ya?" 

Sebenarnya tubuh kita ini memiliki sistem sendiri untuk mengatur segala sesuatunya denga baik, begitu juga dengan kulit kita. Walaupun setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda-beda, namun kulit kita pasti memiliki satu tujuan yang sama yaitu menjauhkan diri dari paparan radikal bebas. Kulit adalah sistem pertahanan pertama yang melindungi tubuh kita, jadi harus dirawat dengan baik walaupun sebenarnya kulit sendiri bisa melakukan fungsinya dengan baik. 

Jadi skincare itu sebenarnya buat apa sih?

Skincare diciptakan sebagai pihak pendukung untuk mendorong kulit melakukan fungsinya secara maksimal. Jadi kalau selama ini kamu beranggapan bahwa skincare adalah pemeran utama, segera singkirkan anggapan itu sekarang. Pemeran utama disini adalah kulit kamu, sedangkan skincare hanyalah pemeran pembantu. 

Balik lagi ke pertanyaan diatas, "Aku udah pakai produk bagus dengan step yang tepat. Tapi kok kulit ku tidak menunjukkan perbaikan ya?"
Jawaban pertanyaan ini adalah bisa saja kulit kamu sudah lelah, jadi tidak bisa menyerap produk secara sempurna. Karna sebenarnya kulit kita ini ada titik jenuhnya loh. Ketika kamu mengoleskan 2 produk dengan fungsi dan komposisi yang berbeda, kerja kulit untuk menyerap akan 2x lebih berat. Bisa bayangkan kalau 10 steps produk berbeda komposisi kamu olesin setiap hari? Berarti kulitmu 10x berkerja lebih berat. Nah hal-hal seperti inilah yang sering kali membuat kulit jenuh sehingga tidak menyerap produk dengan sempurna.

Kalau kamu merasa : 

1. Sudah pakai 10 rangkaian produk, namun tiba-tiba kulitmu stuck at the moment. Tidak menunjukkan kemanjuan setelah sekian lama menggunakan rangkaian produk yang sama.
2. Sudah melakukan pengobatan jerawat yang lama, namun tetap saja masih muncul jerawat baru.
3. Kamu memiliki kulit yang over exfoilating, sehingga teksturnya kering dan mengelupas.

Jika dalam 3 kategori diatas adalah keadaan kulit mu sekarang, mungkin kamu harus merubah semua rangkaian skincare mu menuju 'metode minimal skincare'.
Metode minimal skincare bukan berarti kamu berhenti menggunakan produk-produk yang kamu sukai, tapi cukup menggunakan produk yang kamu butuhkan.

Apa yang harus ku lakukan ketika menggunakan metode minimal skincare?

Tujuan minimal skincare adalah menyederhanakan langkah rutinitas skincare. Dengan prinsip : memakai produk skincare seminimal mungkin untuk mencapai hasil kulit maksimal. Sederhananya, Minimal Skincare bisa dibagi dalam beberapa langkah esensial berikut.

1. Cleanser 

Pic from Allure
Pada pagi hari, kamu bisa mencoba untuk mencuci muka dengan air saja. Atau jika kamu masih ga yakin dengan air, kamu bisa menggunakan facial wash yang gentle. Namun pada malam hari kamu wajib melakukan double cleansing untuk mengangkat semua debu, polusi, sisa makeup, sisa sunblock yang sudah kamu gunakan seharian. 

2. Toner 
Pic from Stylishcurves.com

Fungsi toner sebenarnya adalah mengembalikan PH kulit setelah dicuci oleh facial wash tadi. Selain itu toner juga bisa mengangkat sisa-sisa kotoran yang tersisa. Ingat sekali lagi, kalau air yang kamu gunakan tidaklah steril kecuali kamu mencuci muka dengan air mineral dalam kemasan ya. Jadi toner sangat membantu dalam rangkaian skincare. Disarankan untuk memilih hydrating toner daripada acid toner ya.

Baca Juga : Toner It's Must

3. Moisturizer

Pic from Notabeautyguru.com

Walaupun kamu memiliki tipe kulit yang berminyak, kamu tetap membutuhkan moisturizer. Jika kamu memiliki kulit berminyak, kamu bisa memilih tipe moisturizer yang oil free, jika kulit kamu kering kamu bisa memilih face oil atau cream yang mengandung ceramide. Di malam hari kamu wajib menggunakan hydrating moisturizer. Pilihlah moisturizer yang mengandung hyaluronic acid. 

4. Sunscreen

Pic from Glowlicious,me
Ini wajib hukumnya!
Sinar matahari itu sangat jahat karna bisa menimbulkan kerutan dini, hiperpigmentasi, jerawat dan hal-hal lain yang bisa merusak penampilan kulit. Jenis sunscreen ada dua, yaitu physical sunscreen dan chemical sunscreen. Kamu bisa pilih jenis sunscreen yang sesuai dengan kebutuhan kamu. 


Jika kamu bisa komitmen melakukan 4 tahapan diatas dengan rajin, aku yakin sih gak bakal masalah. Pilihlah produk yang sesuai dengan kebutuhan kulitmu dan juga kemampuan kantong mu ya ladies. Jangan maksain buat beli produk mahal yang sebenarnya kamu belum mampu untuk membelinya. Masih banyak kok produk skincare bagus dengan harga terjangkau.

Kesimpulannya, ketahui dulu apa yang paling dibutuhkan kulit, then treat it.


You Might Also Like

0 comments

"...ada waktu untuk memeluk, ada waktu untuk menahan diri dari memeluk"
--Efesus 3:5b

NEWSLETTER

Subscribe